Kartinian

Ada yang beda pagi hari lalu, jka biasanya pagi hari dihiasai dengan perdebatan keponakan dan neneknya kerena gak mau bangun untuk sekolah, pagi kemarin perdebatan itu tidak ada. Saat saya keluar kamar hendak ke kamar mandi, saya lihat keponakan saya sudah siap dengan pakaian adat salah satu daerah, saat saya tanya ada apa ? Dijawab singkat : “kartinian”.

Seingat saya setiap momen kartinian hampir dihiasi dengan parade busana daerah baik pria atau wanita, di hampir semua sekolah. Acaranya juga palingan tidak jauh dari semacam fashion show dan dipilihlah pemenangnya. Begitu aja terus tiap tahun. Dan pasti saya gak pernah menang waktu kecil, lah pakaian adat yang saya pakai itu entah bisa dikategorikan pakaian adat atau bukan, soalnya cuma seragam pangsi, itupun gak beli, tapi pake seragam pangsi yang biasa digunakan untuk pelajaran muatan lokal pencak silat. Hhe.

Sejak saya belajar dan tahu R.A. kartini, beliau selalu disimbolkan sebagai tokoh emansipasi wanita, di mana saya mengartikan emansipasi wanita itu bahwa wanita sebaiknya dan seharusnya memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki alias bodo amat mau laki atau perempuan kalau pinter ya pinter kalau bego ya bego.

Dari situ kadang saya suka kepikiran kenapa kalau kartinian selalu pake acara pakaian adat bukan menggunakan pakaian bebas sesuai cita-cita. Toh yang dirayakan konsep emansipasinya kan ? Bukan R.A Kartini sebagai individu ? Kalau merayakan kartinian hanya untuk tokohnya ya mending semuanya pakai baju adat Jawa aja lebih masuk akal. Balik lagi, dengan acara baju daerah diganti dengan baju profesi yang dicita-citakan mungkin kita bisa melihat akan ada seoarang anak perempuan datang kesekolah berpakaian seragam sepak bola, lalu nanti ditanya “ko pake baju bola ?”, terus dijawab “iya saya mau jadi pemain bola”. Kan keren, dan biarin aja toh bukan lelaki doang kan yang boleh jadi pesepak bola, perempuan juga boleh dan bisa.

Advertisements

Asesoris baru

Ini berawal dari curhatan saya ke orang tua bahwa mata akhir-akhir ini kalau baca tulisan agak-agak burem lalu orang tua saya menyarankan untuk meriksain mata supaya lebih jelas penyebabnya apa.

Kebetulan orang tua saya punya kenalan orang yang kerja di optik dan meminta tolong bisa gak kerumah untuk meriksa mata saya, dan di hari minggu orangnya datang.

Benar saja setelah diperiksa mata kiri saya diketahui minus 3. Hadeuh ~~ Mata kanan sih cuma minus setengah, dan setelah itu disarankanlah saya menggunakan asesoris baru yaitu kacamata. Suram.

April Mop

Ketawa dulu, mba Shida aja ketawa ~~

 

Pada tanggal 1 April kemarin media sosial merayakan perayaan yang biasa disebut sebagai “April mop” atau “Aprill Fools”. Saya gak tahu sih sejak kapan kebiasaan April Mop ini dilakukan di sini, di Indonesia. Tapi mau gimana lagi, di jaman pertukaran informasi begitu cepat kebiasaan di tempat lain akan dengan cepat juga ditiru atau diadaptasi. Wajar.

Meskipun di April Mop ini banyak orang, kelompok, bahkan lembaga-lembaga yang ikut-ikutan bahkan sebuah portal berita, coba baca berita ini , suram kan wa kira serius eh edisi april mop. Suram.

Tapi ada yang menyenangkan di april mop ini, banyak orang menjadi kritis atas informasi yang diterima, mereka menduga-duga dan khawatir kalau berita yang dia baca itu hanya jebakan April mop dan dia menjadi korban berita hoax. Bayangkan, kalau orang-orang yang kahwatir dikerjai gegara April mop melanjutkan kebiasaan konfirmasi berita di kehidupan sehari-hari, saya kira berita-berita hoax akan mudah dikurangi atau setidaknya berkurang menjadi viral. Apalagi berita atau kabar yang diawali dengan “dapet dari grup sebelah” entah itu grup sebelah dapet berita di mana.

Begitulah ternyata kegiatan yang emang niat menipu dan menyebar hoax malah membuat orang jadi lebih waspada, jadi bagaimana kalau April mop jadikan acara setahun penuh ?

Buku Favorit

Walaupun belum lama dan juga belum banyak mengkonsumsi sebuah buku tapi adalah beberapa buku yang masuk daftar buku favorit. Tidak ada kriteria tertentu sih murni selera doang, kalau tulisan ini dianggap semacam rekomendasi ya alhamdulillah kalo cuma dianggap tulisan selewat doang menuh-menuhin blog juga gapapa.  Oh iya urutan buku tidak mencerminkan apapun.

Shida Manaka aja suka baca
Shida Manaka aja suka baca

Endorphin Kumpulan Cerita dan Rupa

Buku terakhir yang selesai dibaca, bener-bener mantap dan menyenangkan, mulai dari ceritanya, gambar ilustrasi, dan harganya. Pokonya tema-tema cerita di dalam buku ini uniklah, ada raja yang muram karena anjingnya, robot ahli pijat, preman yang punya tikus ajaib, dan beragam kisah ajaib lainnya. Pada beli gih !.

Rumah Kopi Singa Tertawa

Kapan lagi ada buku kumpulan cerpen yang ngabsenin artis porno Jepang dimulai  dari Aoi Sora sampai Rio Hamasaki ? Ya di sini. Tapi yang bikin buku ini masuk daftar bukan gara buku ini bisa jadi referensi googling ya, ceritanya yang unik bin ajaib membuat pas baca buku ini anteng aja sampe gak sadar udah dilahap semua tuh cerita.

Salah satu cerita dari kumpulan cerpen di buku ini adalah cerita dengan judul yang sama dengan judul buku,  sebuah cerita di sebuah warung kopi tentang pengunjung di masing-masing mejanya.

Animal Farm

Bukunya bau-bau politik tapi karena dikemas dengan fabel alias pakai karakter-karakter hewan membuat buku ini menjadi lebih ramah pembaca pemula. Dibandingkan dengan “1984” saya jelas lebih menyukai ini. Cukup mudah dipahami isi dari ceritanya dan bukunya juga gak terlalu tebal. Bisalah selesai jika dibaca di dalam travel perjalanan Jakarta-Bandung.

Bukan Pasar Malam

Sebuah karya lainnya dari Pramoedya A. Toer. Sebagaimana poser yang tahu Pram dari kutipan-kutipan yang dijadikan status facebook, tentu saja karya pertama yang saya ketahui tetralogi buru dengan karakter utama bung Minke itu. Nah karena penasaran dengan karya lainnya saya menemukan buku ini.

Tema ceritanya juga menarik seorang anak yang mesti pulang kampung karena mendapat kabar ayahnya jatuh sakit dan juga istri yang cerewet.

Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi

Salah satu novel dengan tebal 448 halaman ini menjadi novel tebal yang selesai cukup cepat. Isinya macam-macam, situ ( setidaknya saya ) bisa tiba-toba kepikiran banyak kisah atau dongeng dari buku atau sumber lainnya. Misalnya saat ada potongan kisah seseorang yang makan dengan lahap mirip babi saya langsung inget film animasi Spirited Away, atau kisah kakek yang mencari cucunya yang mengingatkan kepada kakek Gepetto dan Pinokio. Antik emang.

Kambing & Hujan

Sebuah kisah cinta antara dua insan manusia yang kesulitan saat ingin menikah dikarenakan konflik kedua orang tuanya. Kalau baca kaya gitu doang mirip cerita-cerita di FTV SCTV, tapi percayalah buku ini menyenangkan untuk dibaca. Salah satu pesan yang saya dapat dari buku ini : Kalo ada apa-apa itu ngomong, komunikasikan.

Sejarah Dunia Untuk Pembaca Muda

Saya kadang heran sejak kapan saya suka terhadap sejarah, lah wong sma paling males ngikutin pelajaran sejarah, yang paling diinget pas sma malah guru sejarah yang cukup unik dalam ngajarnya apalagi pas ulangan sampai bawa-bawa priwitan.

Tapi buku ini sesuai dengan judulnya unuk pembaca muda jadi menyenangkan saja saat dibaca. Alih-alih mirip buku sejarah pas SMA yang berkutat tahun berapa, siapa, dan dimana, buku ini saya lebih berasa baca cerita peninggalan seorang kakek yang menceritakan kisahnya kepada cucunya.

Televisi Ajaib

Saat sedang menonton acara di televisi yang gambarnya tiba-tiba runyam gara-gara antena yang tertiup angin saya jadi inget sebuh pengalaman dengan televisi “ajaib” yang dulu sempat ada di rumah.

Sebelumnya televisi pertama kali yang saya ingat dimiliki di rumah merknya “akari” kalo gak salah, warnanya hitam ukurannya 14 inc dengan remote. Tapi karena suatu hal televisi ini “disekolahkan” dan sebagai gantinya televisi diganti ke televisi jadul, ukurannya masih sama warnanya coklat kalo saya tidak salah ingat, terus channel yang bisa disimpan juga sedikit hanya 10 atau 12 saya lupa dan yang paling bikin bete gak ada remote, jadi kalau mau pindahin channel mesti gerak dari tempat nonton.

Maka inilah beberapa keanehan televisi tesebut

Kabel yang tidak boleh pas.

Jadi gini kalo televisi gambarnya jelek biasanya kan ada alat buat pembersih gambar agar tidak “semutan” si gambarnya. Kalo tivi ini gak perlu alat tambahan, cukup kabel dari antena itu jangan dicolokin secara pas, cukup masukin sedikit maka gambar bagus kalo dicolok full malah jadi “semutan” atau ngebayang gitu gambarnya.

Random Channel

Kejadiannya ini kalo lagi nge set channel televisi. Karena tivi ini kan gak ada remote dan mindahin manual maka suka kesulitan kalau pindah-pindah channel gitu. Misalnya gini kalo lagi nungguin bola main kan daripada bete mending nonton kuis yeyen acara tivi lain dulu, terus cek aja sesekali ke channel yang nyiarin bola.

Nah agar mindahin channel gak terlalu jauh biasanya channel televisi sering diubah-ubah gitu dan saat lagi nyari gelombang stasiun televisi ini lah keanehan muncul. Televisi ini suka nangkep acara-acara aneh. Dan yang paling aneh yang saya alami adalah saat lagi nyari-nyari gelombang televisi gitu yang ketangkep malah acara disney atau cartton network (?) yang ternyata acara tersebut lagi diputer di tetangga yang pake parabola. Lah acara tipi dari parabola juga tetiba ketangkep, ajaib.

Sebuah Buku yang Menyenangkan

Sudah sekitar enam bulan bahkan lebih hobi baru saya mengalami perubahan yang cukup besar, dari yang awalnya mencoba hobi baca buku dan berakhir di hobi koleksi buku. Suram memang.

Ini bermula setelah selesai membaca buku Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi, setelah membaca buku tersebut minat baca tiba-tiba turun, mungkin yah ini saya agak kecewa dengan buku yang selanjutnya saya baca. Bukan berarti buku yang yang saya baca selanjutnya tidak bagus namun efek kejutan-kejutan yang menyenangkan yang saya alami di buku Raden Mandasia tak saya alami lagi. Agak mendingan saat baca buku Norwegian Wood, tapi tetep butuh waktu sebulan lebih untuk menyelesaikan buku tersebut. Lama.

Sekitar dua minggu yang lalu, saya seperti biasa pergi ke toko buku tujuannya kali sebenarnya untuk beli komik One Piece vol 79 eh setibanya di sana bertepatan dengan jam diskon alias harga-harga buku yang sudah di diskon, diberi diskon lagi. Mantap.

Untuk menggenapi komik salah satu pilihan jatuh kepada buku Endorphin Kumpulan Cerita dan Rupa. Dan setelah dibeli sekitar dua minggu yang lalu buku tersebut mulai dibuka sekitar tiga hari lalu, ternyata buku tersebut benar-benar mengejutkan sekaligus menyenangkan.

cover

Buku ini berisi 22 cerita pendek yang jika dalam ukuran font normal mungkin hanya menghabiskan 2 halaman saja. Kenapa saya sebut ukuran font normal, karena sesuai dengan informasi dari judul “kumpulan cerita dan rupa”  isinya tak cuma cerita saja di dalam terdapat gambar-gambar atau ilustrasi dari cerita tersebut. Dan itulah salah satu kejutan yang menyenangkan yang saya temui di buku ini.

images_end

Isi atau tema cerita di dalamnya juga unik mulai dari raja yang stress karena sudah memfitnah anjing kesayangannya, seorang preman dengan peliharaan tikus ajaib, kisah tentang malaikat yang diberi tes, dan beberapa kisah unik lainnya tersaji di dalam buku ini.

Walaupun buku ini bisa dibaca mulai dari cerita mana saja tapi akan lebih baik jika dibaca dari awal, soalnya meskipun kisah-kisah di dalam buku ini berdiri sendiri dengan tokoh-tokohnya namun pada beberapa kisah tokoh utama pada masing-masing cerita bisa saling terkait satu dengan yang lainnya. Antik.

Walaupun saya menghabiskan waktu selama “3 hari” untuk menyelesaikan buku ini karena saya bacanya beberapa saat sebelum tidur tapi sebenarnya buku ini bisa diselesaikan dalam  hitungan jam. Akhir kata sesuai dengan judul Endorphin buku ini memang berhasil ( setidaknya bagi saya ) menghasilkan suasana senang dan bahagia sebagaimana penjelasan berikut :

Endorphins are morphine-like chemicals produced by the body that help diminish pain while triggering positive feelings.

They’re sometimes referred to as the brain’s “feel-good” chemicals, and are the body’s natural painkillers. (http://www.everydayhealth.com/endorphins/guide/)

Hoax, Konspirasi, dan Imajinasi

Kata hoax dan konspirasi bukan lagi kata-kata asing di media sosial, saya cukup sering melihat orang-orang menyebarkan berita hoax dengan begitu cepat di facebook, twitter, dan tentu saja grup chat. Tapi sekarang yang saya mau tulis bukan tentang 100% hoax tapi daerah abu-abu yang berarti bisa hoax bisa tidak.

Ada yang pernah mendengar kata-kata seperti Kriptid ( Cryptid ) atau OOPART ? Bagi yang belum tahu, saya coba jelaskan secara sederhana sebatas sepamahaman saya berdasarkan informasi yang tersebar di internet

Kriptid adalah sebutan untuk kelompok hewan atau makhluk yang belum bisa dibuktikan keberadaanya [1] . Contoh makhluk yang terkenal adalah monster Loch Ness, Bigfoot, dan sejenisnya. Biasanya banyak orang yang mengaku melihat makhluk-makhluk tersebut tapi biasanya juga bukti-bukti yang ada selalu dalam kondisi yang tidak layak seperti foto dengan gambar yang kabur atau video yang kualitasnya sungguh jelek.

Kalau OOPART itu merupakan singkatan Out Of Place ARTifact yang kalau dibahasa Indonesiakan bisa berarti Artifak yang tidak pada tempatnya. Artifak sendiri biasanya sebutan untuk benda peninggalan sejarah. Lalu kenapa OOPart begitu menarik ? Karena OOPART ini biasanya artifak yang banyak orang merasa bahwa dengan kemampuan manusia jaman dulu mustahil bisa membuat benda-benda tersebut. Benda yang cukup menarik perhatian salah satunya adalah baterai Baghdad, benda yang dari luar seperti guci yang dibuat oleh tanah liat ini diduga memiliki kemampuan seperti baterai, yang menarik dari benda yang ditemukan di daerah Baghdad ini adalah, benda ini diduga berumur lebih dari 2000 tahun, apakah 2000 tahun yang lalu orang-orang sudah memanfaatkan listrik ?[2]

Penemuan OOPART ini biasanya juga sering dikaitkan terhadap makhluk luar angkasa alias Alien, beberapa yang saya baca di internet cukup meyakini bahwa Alien tersebut datang ke Bumi lalu mengajarkan banyak hal ke manusia pada jaman itu. Bahkan di Jepang ada sebuah figur atau patung yang tampilannya banyak yang mengira mirip dengan tampilan astronot[3], sehingga ada yang berkesimpulan bahwa patung tersebut dibuat dengan model “astronot” yang datang tempat tersebut.

HOAX

Penemuan-penemuan makhluk kriptid ataupun OOPART seringkali berakhir hoax. Seperti kisah bongkahan kayu yang awalnya disebut sebagai bukti monster Loch Ness. Kecurigaan-kecurigaan tentang cerita-cerita hoax juga biasanya dikarenakan orang yang mengaku memiliki bukti tidak mau diteliti lebih detil mengenai bukti seperti foto atau video yang dimilikinya.

Seperti yang dituliskan di atas tadi, kriptid dan OOPART ini berada di wilayah abu-abu, sehingga bukti ada atau tidaknya belum ada yang 100%. Misalnya untuk kriptid kraken, kraken yang dipercaya sebagai mitos monster laut yang memiliki tentakel seperti gurita dan gemar menenggelamkan kapal kemungkinan besar adalah salah satu dari kelompok hewan cumi-cumi raksasa ( Giant Squid ), cumi-cumi ini ukurannya bisa sampai sepanjang 13 meter[4], wajar jika pada jaman dahulu banyak orang menganggap makhluk ini sebagai monster. Tapi untuk mitos gemar menenggalamkan kapal bisa saja hewan tersebut menganggap kapal yang lewat di permukaan laut dikira makanan. Bisa saja bukan ?

Konspirasi

Jika tulisan di atas merupakan pemahaman saya dari beberapa artikel di internet maka dimulai dari sini adalah murni imajinasi, kalaupun ada yang mepunyai imajinasi yang sama, itu kebetulan.

Pertanyaan yang muncul dari imajinasi saya adalah, bagaimana kalau ternyata makhluk-makhluk kriptid itu benar adanya ? Entah emang makhluk tersebut secara alami lahir terbentuk seperti itu atau bisa saja merupakan percobaan dari ilmuwan jaman dulu terhadap binatang-binatang dan mungkin saja ada alien yang pernah ke bumi dan mengajarkan manusia dengan teknologi-teknologi yang canggih. Salah satu wilayah yang diajari teknologinya kemungkinan besar adalah Atlantis. Atlantis sebagaimana yang sudah banyak diketahui dipercaya memiliki peradaban yang terlampau maju untuk jamannya. Saya berpikir ( atau lebih tepatnya mengkhayal ) bisa saja warga Atlantis adalah murid yang terlampu pintar dan mulai membangkang kepada gurunya, lalu akhirnya terjadi peperangan yang mengakibatkan benua Atlantis musnah. Lalu di mana dari imajinasi tersebut bagian konspirasinya ?

Pernah menonton atau mendengar film MIB ? MIB atau Men In Black adalah film yang menceritakan suatu organisai rahasia yang tugasnya melindungi dan merahasiakan informasi tentang keberadaan alien. Nah bagaimana kalau organisasi seperti itu benar adanya ? Mereka melindungi makhluk-makhluk kriptid seperti Unicorn, Mermaid ( putri duyung ), Dragon ( Naga ), dan lain sebagainya.

**tambahan**

Beberapa waktu lalu di salah satu situs baca manga secara tidak sengaja saya membaca komik tentang dokter khusus makhluk-makhluk mitologi seperti werewolf, slime, dragon, dan sejenisnya. Ditambah ketertarikan saya dengan tema-tema seperti ini sudah cukup lama, maka akhirnya tiba-tiba kepikiran untuk menulis tulisan ini. Ah apapula lah saya tiba-tiba menyertakan alasan terbitnya tulisan ini.

*Referensi

[1] http://mentalfloss.com/article/58943/16-cryptids-might-or-might-not-exist

[2] http://www.theepochtimes.com/n3/1767391-17-out-of-place-artifacts-said-to-suggest-high-tech-prehistoric-civilizations-existed/

[3] https://en.wikipedia.org/wiki/Dog%C5%AB#Pseudoarchaeology

[4] https://en.wikipedia.org/wiki/Giant_squid